Pelatihan Bersama Google

Ini cerita udah lalu sebenernya, tapi sayang kalo ga cinta di share.
Cerita wisuda juga ku skip aja deh ya udah beberapa bulan lalu.

Berhubung waktu luang saya bertambah karena belum adanya kegiatan rutin dan serius, saya sering cari-cari info events yang bisa diikuti, seperti Talkshow, Pelatihan, Volunteer, atau kadang suka cari info lomba buat sekedar iseng aja.

Nah, berawal dari bunyi notifikasi grup Line angkatan, yang kebanyakan isinya job hunters semua. Dari sana ada yang berbagi info mengenai pelatihan digital yang diadakan oleh Google. Yap, Google mesin pencari yang udah punya nama di kancah dunia. Siapa coba hari gini yang gatau mbah Google. Saat kita kesusahan pasti minta bantuan kepada mbah Google, udah gratis (modal internet aja), siap sedia dimana pun dan kapan pun.

Jadi, karena itu saya ga mau menyianyiakan kesempatan tersebut.

Pelatihan yang diadakan oleh Google ini terdiri dari beberapa kelas yang bisa diikuti, yaitu Siap Digital, Handal Digital, dan Kelas Berbagi. Pelaksanaannya pun dalam selang waktu yang lumayan cukup lama. Saya sendiri baru mengikuti kelas Siap Digital saja, yang lainnya masih menunggu waktu pelaksanaan tiba.


FYI, ternyata pelatihan tersebut telah dilaksanakan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Medan, Pontianak, Malang, dan Makassar. Selain itu, pelaksanaan yang saya ikuti merupakan kelas ke 21 di Bandung dan pesertanya pun terbilang lumayan, itupun belum dengan jumlah peserta di kota lain, sehingga untuk kali ini sementara jumlah orang dibatasi melihat kenyamanan peserta dan fasilitator juga.

Acara ini sendiri merupakan program Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat) Digital dari Google Indonesia, yang berkomitmen untuk membantu para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia.


Namun, yang dapat mengikuti kelas tersebut tidak terbatas hanya untuk para pelaku usaha saja, bagi kamu yang baru mau memulai bisnis sendiri juga bisa, seperti saya 😁

Jujur, setelah mengikuti kelas tersebut jadi menambah semangat untuk memulai usaha sendiri, dengan mendengar cerita para peserta yang sudah terjun berbisnis serta sang pemateri. Sebenarnya acara tersebut bukan fokus pada pengajaran cara berbisnis, tetapi untuk mengenal lebih dalam bagaimana membangun usaha melalui dunia digital.


Umumnya, pelaku usaha yang telah masuk dunia digital (online) lebih berkembang dibandingkan dengan pelaku usaha yang hanya memasarkan secara offline, kira-kira bisnis online dapat meningkat sekitar 80%. Kemudian, seperti yang diketahui, zaman sekarang hampir semua orang telah mengenal dunia digital (internet) dan menggunakannya, atau lebih detailnya ada sekitar 100 juta pengguna internet di Indonesia, dan sekitar 82% orang mencari informasi mengenai toko/sejenisnya. Melihat hal-hal tersebut, tentu peluang itu bisa kita manfaatkan, seperti dalam membangun suatu usaha/bisnis.

Kelas Siap Digital sendiri ini terdiri atas 4 materi yang dilaksanakan selama 2 hari (untuk Bandung dilaksanakan di Eduplex), diantaranya: Panduan Dunia Digital, Google untuk Bisnismu, Tips Website Efektif, dan Dasar-Dasar SEO & SEM. Tentunya dengan fasilitator (pemateri) yang berbeda-beda tiap materinya dan ahli dalam bidangnya masing-masing.

Panduan Dunia Digital sendiri berisi tentang pengenalan dasar mengenai dunia digital, seperti peran dunia digital, keuntungan bisnis 'go online', pilihan-pilihan rumah bisnis untuk 'go online' (media sosial, e-commerce, website, dll.), serta bagaimana langkah membangun rumah bisnis online.  

Pada kelas Google untuk Bisnismu diperkenalkan dengan berbagai produk Google yang bisa digunakan dalam membangun bisnis online (Google Bisnisku, Youtube, Google Mitra, AdWords Express, Google Trends, dll.) dengan pemahaman serta praktik bagaimana membuat dan memanfaatkannya dengan baik.


Tips Website Efektif sendiri berisi panduan dalam membuat website bisnis atau bahan evaluasi pengembangan website yang telah dimiliki. Beberapa diantaranya memahami pentingnya memiliki website yang efektif untuk bisnis, cara kerja website dan sistemnya, kriteria website bisnis yang efektif, serta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website.


Dasar-Dasar SEO & SEM, berisi bagaimana memahami peran mesin pencari dalam meningkatkan performa bisnis, mengenal dasar-dasar SEO (pengembangan, cara optimalisasi, analisa performa) dan SEM (kegunaan, cara bekerja, pemilihan kata kunci/keyword, membuat iklan yang menarik). SEO (Search Engine Optimation) berfungsi membantu promosi dalam hasil pencarian tak berbayar (organik) dan mengoptimalisasikan di mesin pencari, sedangkan SEM (Search Engine Marketing) memungkinkan untuk membeli ruang/tempat beriklan berbayar dari hasil pencarian (bagi yang butuh proses instan).

Proses pelatihannya pun cukup menarik, tidak hanya sekedar berbagi materi saja tetapi langsung diajarkan praktiknya sendiri. Sehingga, prosesnya sendiri tidak hanya satu arah, melainkan dua arah (saling sharing ilmu dan pengalaman masing-masing). Saya berharap ke depannya bisa mengikuti kelas lanjutan program Gapura Digital dan juga bisa secepatnya terjun membangun bisnis online.

Satu lagi, terima kasih Google telah mengadakan acara seperti ini. Sering-sering ya, apalagi yang gratis huahahaha ✌

(jangan cari saya ada dimana...)
***

2 komentar:

  1. Eh ini kelasnya berbayar nggak han? Dan... boleh nggak kalo yang ikutan modelnya udah bangkotan kayak gue? uahahaha. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nope. Gratisss

      Boleh kok boleh banget, itu di depan juga peserta loh, lebih tua dari ortu saya yang memang udah punya usaha.
      Jadi sebenernya ini kelas buat siapa aja yang minat & semangat buat belajar digital :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.